Resep Kue Onde-onde Isi Kacang Hijau

resep kue onde onde
Salah satu jenis kue jajanan pasar yang cukup populer di Indonesia adalah kue Onde-onde. Bentuknya bulat, terdapat taburan biji wijen di bagian permukaannya, dan bagian dalamnya biasanya berisi kacang hijau. Dilihat dari bahan-bahan pembuatnya, kue onde-onde termasuk makanan yang mengandung nutrisi cukup tinggi, diantaranya mengandung karbohidrat, protein, vitamin E, kalsium, fosfor, dan lainnya. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Rasanya nikmat dan cara membuatnya juga cukup mudah. Kue ini cocok dijadikan sebagai camilan untuk bekal anak-anak ke sekolah, atau sebagai camilan pendamping teh manis hangat di sore hari. Berikut resep dan cara membuat kue onde-onde:


Bahan Kulit:
- 200 gram tepung ketan
- 200 ml tepung kanji
- 50 gram gula pasir
- 2 sdm air kapur sirih (jika ada)
- 2 sdm santan cair hangat
- Vanili secukupnya
- Garam secukupnya
- Wijen
- Minyak untuk menggoreng


Bahan Isi:
- 150 gram kacang hijau
- 150 gram gula pasir
- 2 lembar daun pandan
- Garam secukupnya


Cara membuat kue onde-onde:
  • Untuk membuat isi: rendam kacang hijau selama 12 jam, lalu cuci bersih. Rebus kacang hijau hingga setengah matang dan kulitnya merekah. Gosok dengan sendok dengan sendok kayu agar kulit kacang hijau lepas. Lalu siram dengan air dingin supaya cepat terpisah kulitnya. Setelah bersih, kukus kacang hijau hingga matang. Selanjutnya, haluskan kacang hijau, campur dengan gula dan pandan, masak dengan api kecil hingga kering.
  • Untuk membuat kulit: campurkan tepung ketan dan tepung kanji, garam, gula, air kapur sirih, vanili. Uleni dengan santan hangat hingga tercampur rata dan tidak lengket di tangan.
  • Bagi adonan kulit menjadi 12 bagian dan bulatkan. Lalu, ambil 1 bulatan dan pipihkan setebal kira-kira 1/2 cm, beri isi kacang hijau di tengahnya dan tutup, bulatkan. Lakukan terus, sampai semua adonan kulit habis.
  • Setelah selesai, gulingkan di atas wijen, dan agak ditekan-tekan agar wijen lebih menempel.
  • Goreng dalam minyak sedang (tidak terlalu panas) hingga warnanya kuning kecoklat-coklatan, kemudian tiriskan, dan selanjutnya bisa langsung disajikan.

Share:

Artikel Terkait: