Resep Kue Donat Enak (Praktis dan Gampang Dibikin)

Resep kue donat
Kue Donat merupakan makanan yang banyak digemari di berbagai negara. Anak-anak maupun orang dewasa banyak yang menyukai jenis kue ini.

Bentuknya bulat, terdapat lubang di bagian tengahnya seperti gelang, dihiasi dengan aneka taburan di atasnya seperti coklat, keju, gula putih halus, dan lain-lain. Karena makin digemari, aneka variasi dan kreasi donat pun banyak bermunculan. Ada yang membuat Donat tanpa membuat lubang di bagian tengahnya, namun dibentuk bulat dan diberi isian di bagian dalamnya. Ada yang memvariaskan kue donat dengan menambahkan rasa kopi, kacang, kelapa, karamel,  dan aneka rasa buah-buahan.

Variasi bentuk dan rasa kue donat saat ini sudah sangat banyak, namun di postingan resep kali ini saya akan berbagi resep dan cara membuat kue donat klasik, yang mudah dan praktis dibuat. Untuk masalah rasa, tentu saja enak lho.. :)


Bahan:
- 250 gram tepung terigu
- 50 gram mentega
- 1/2 sdm tepung maizena
- 1 sdm gula pasir
- 1/2 sdm yeast atau ragi instan
- 3 kuning telur
- 100 cc air es
- Aneka selai (sesuai selera)
- Minyak goreng


Cara membuat: 

  • Campur terigu, maizena, ragi, gula, dan mentega. Remas-remas, lalu masukkan telur dan air es. Uleni sampai adonan tidak lengket di tangan (sampai kalis). Tutup adonan dengan kain lap bersih, lalu diamkan selama 30 menit.
  • Setelah adonan mengembang, gilas adonan setebal 1 cm, lalu cetak dengan cetakan kue donat. Anda juga bisa membuat bentuk kue donat sendiri dengan menggunakan tangan. Taruh di atas tempat yang sudah diolesi minyak, dan diamkan sebentar selama 15 menit.
  • Selanjutnya, goreng donat dalam minyak yang panasnya sedang dan jumlahnya banyak (agar terendam).
  • Goreng sampai matang, hingga warnanya coklat keemasan, lalu tiriskan.
  • Anda bisa menambahkan aneka taburan selai di atasnya, atau bisa juga menambahkan coklat, keju, meises, sesuai dengan selera Anda.

Mudah dan gampang kan cara membuatnya? Kue donat ini bisa juga dijadikan menu anak sebagai bekal untuk sekolah lho... :)

Selamat mencoba.. 




Share:

Artikel Terkait: