Tips Membuat Pangsit Cina

Tips-membuat-pangsit-cina-Shui-Jiao
Pangsit Cina atau Shui Jiao merupakan salah satu makanan khas Cina yang sering disajikan saat perayaan hari imlek. Pangsit biasanya digunakan sebagai makanan pembuka atau camilan. Pangsit termasuk jenis camilan yang menyehatkan, karena kandungan gizinya sudah cukup lengkap, mengandung karbohidrat, sayuran, dan daging. Agar lebih istimewa, banyak keluarga yang merayakan imlek membuat sendiri pangsit ini. Ternyata, perlu tips dan trik khusus untuk membuat camilan yang satu ini. Apa saja tips yang perlu diperhatikan?

1. Membuat kulit pangsit dengan handuk basah 
Kulit pangsit dibuat dengan cara mencampur tepung dengan air sampai didapai adonan yang kalis dan elastis. Kuncinya adalah, setelah didapat adonan yang pas untuk membuat kulit, jangan langsung membentuk adonan menjadi irisan tipis (sebagai kulit) dan kemudian mengisinya dengan isian.

Tips yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan kulit pangsit yang bagus dan kenyal adalah, istirahatkan adonan terlebih dulu selama kurang lebih 30 menit , sambil menggunakan kain lap basah untuk menutup adonan yang akan diistirahatkan agar adonan tersebut tetap lembab dan lembut.

2. Isian pangsit jangan terlalu basah
Anda bisa menggunakan bahan apa saja yang Anda sukai sebagai isian pangsit. Anda bisa mengisinya dengan sayuran, udang, ayam, telur, jamur, kepiting, bahkan daging asap. Meskipun begitu, Anda juga tidak boleh sembarangan dalam membuat isian pangsit.

Sebaiknya isian pangsit tidak dibuat terlalu basah. Isian yang terlalu basah akan membuatnya terlalu berair sehingga sulit untuk dibungkus dengan kulit pangsit. Isian yang terlalu basah juga bisa membuat kulit pangsit jadi mudah robek. Untuk itu, hindari menambahkan air terlalu banyak saat menumis isian.

3. Takaran isian yang pas
Saat akan membungkus isian dengan kulit pangsit, hindari memberi terlalu banyak isian. Gunakan takaran isian yang pas, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Isian yang terlalu banyak akan membuatnya menjadi susah dilipat.

Cara mengisinya, isilah tumisan di bagian tengah kulit, lalu lipat menjadi dua bagian menjadi bentuk setengah lingkaran. Setelah dilipat, cubit sedikit bagian atasnya kemudian bentuk lipatan kecil yang rapi.

Share:

Artikel Terkait: