Asinan Asam Manis Kedondong

resep-cara-membuat-asinan-asam-manis-kedondong
Kedondong (Spondias dulcis Forst) adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Buah yang terkenal dengan rasanya yang asam ini biasanya dinikmati sebagai campuran dalam rujak buah ataupun asinan buah.

Karena rasanya yang asam, tak banyak orang yang menyukai jenis buah ini. Padahal, buah ini termasuk buah yang kaya nutrisi (zat gizi). Dalam 100 gr buah terkandung 0.6 gram protein, 0.2 gram lemak, 5.7 gram kalsium, 0.4 gram zat besi, dan 30-50 mg vitamin C. Buah ini juga kaya akan fosfor, niasin, vitamin A, dan karoten yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu melawan penyakit kanker. Kandungan serat dalam buah kedondong juga terbilang cukup tinggi yaitu mencapai 0.7 gram serat per 100 gram buah, sehingga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Nah, setelah mengetahui sejumlah kandungan gizi yang terdapat dalam buah kedondong, sayang kan rasanya bila kita melewatkan buah yang satu ini dalam daftar buah favorit kita?

Bila tidak suka dengan rasanya yang sangat asam, kamu bisa mengolahnya dalam bentuk asinan asam manis seperti Asinan Asam Manis Kedondong yang satu ini. Berikut resep dan cara membuatnya:

Bahan : 
- 1 kg kedondong, kupas, dan potong sesuai selera
- 2 liter air
- 2 sdm kapur sirih
- 5 sdm garam
- 1 1/2 kg gula pasir
- 500 ml air mendidih
- 2 sdm cuka
- 5 buah cabai merah, iris kecil-kecil
- 2 gr natrium benzoat

Cara membuat :
1. Rendam kedondong dalam 2 liter air, tambahkan garam, aduk, lalu diamkan selama 1 jam.

2. Setelah satu jam, tiriskan dan cuci kedondong hingga bersih, campurkan sisa air dengan kapur sirih.

3. Rendam lagi kedondong selama 1 jam, angkat dan cuci lagi hingga bersih, sisihkan.

4. Larutkan gula pasir dalam air mendidih, tambahkan cuka, garam, dan cabai. Setelah dingin, rendam kedondong dalam larutan tersebut.

5. Lalu, masukkan natrium benzoat, aduk dan diamkan selama 1-2 malam supaya lebih meresap.

6. Sajikan dingin.

Share:

Artikel Terkait: